Senin, 16 Maret 2009

try out alazhar

fiuh, gua balik lagi nih! dan gua baru aja selesai belajar rutin malam. oke, gua pengen cerita pengalaman hari ini, event penting yang menentukan masa depan gua di dunia dan di akhirat. here we goes...

hari ini, senin 16 maret 2009, gua telah dengan sukses mengerjakan 2 soal try out dari alazhar. yakni 'matematika' dan 'bahasa indonesia'. okey, kita bahas satu-satu.
bahasa indonesia
kita tau ini soal yang paling bingungin dalam sejarah ke-UN-an dan ke-TRY OUT-an indonesia. kenapa bisa begitu? karena pada pelajaran ini kita memerlukan otak yang cemerlang yang dapat berpikir jernih karena soalnya butek semua [?]. gue kasih 1 bocoran kenapa soal yang sebenarnya mudah ini bisa menjadi sulit. alasannya ialah......karena kita jarang berlatih. haha alasan yang sangat kelasik, tapi memang betul. coba aja lo ga berlatih dengan soal2 bahasa indonesia, lo pasti ga bakal bisa ngerjain soal model kea gini:
'budi pergi ke sekolah', kemanakah si budi pergi? kalo lo ga pernah berlatih pasti lo jawabnya bukan 'ke sekolah' melainkan 'ke pasar'. itu karena kenapa, itu disebabkan karena lo hanya berlatih dengan topeng monyet lo yang bernama budi, bukan sama soal bahasa indonesia.
agak melenceng dikit, gue kan punya buku kumpulan soal bahasa indonesia terbitan 'AKASIA'. itu buku sangat bagus, baguuuuus sekali. bukan karena soalnya yang mudah melainkan karena sampulnya bagus haha oke gue lebay. back to akasia, buku ini berisi soal2 yang diprediksikan bakal keluar di UAN. setiap hari gue buka dan baca bolak balik tuh buku biar apal, dan ternyataaaaa, soal yang ada dibuku itu banyak keluar di try out alazhar tersebut!
gua bingung,mengapa soal buku akasia tersebut menguasai 70% soal2 try out tadi. apa karena bagus ato tim kreatif pembuat soal try out ini kehilangan kreatifitasnya...gua juga gatau deh.
back to try out, lembar pertama gua bisa dengan lancar mengerjakannya. lembar kedua, gua mulai keringat dingin. lembar ketiga gua mulai garuk-garuk kepala. lembar keempat gua mulai paranoid. dan lembar kelima, gua tertidur pulas-.-
gua bolak balik halaman soal kea nyari sesuatu gitu, ya emang nyari. nyari penghapus? bukan. pensil? ada ditangan. gua tuh nyari soal klasik dari tahun ke tahun ttg iklan baris yang tokoh utamanya adalah 'HAJI APIT'. bukan karena mudah ato apa, karena gua kasian, dia nawarin tanah berbentuk ngantong (luas dibelakang) berukuran 5x7x69 m, ga laku-laku. tapi untungnya di soal tadi ga ada dia lagi, berganti jadi "PAK ANDI" hahahaha.
pokoknya gua acungin 5 jempol (lo taukan satu lagi dimana?) buat si pembuat soal, haha.
matematika
huah, dari tahun ke tahun emang pelajaran ini sudah berhasil membuat sebagian besar anak didik di indonesia memiliki otak yang 'cerdas' [encer cadas]. kenapa bisa gitu? karna matematika selalu mengeluarkan soal yang membuat otak kita selalu bekerja keras, banting tulang, jungkir balik, supaya bisa memecahkan soal2 yang diberikan. seperti gini soalnya.

berapakah keliling lapangan bola yang berukuran 10x8 meter?
gua pasti jawab sambil terengah-engah '36 meter'. karna kenapa? karena gua beneran ngelilingin lapangan tersebut, hebat bukan?
haha sekilas dari soal yang keluar tadi, lembar pertama ada soal warisan gitu, lembar kedua, gua tersenyum, lembar ketiga gua mulai ternganga, lembar keempat gua mulai keringetan, karena AC kelas gua mati. oke gua bercanda! hanya dalam waktu 2,5 jam gua mengerjakan soal tersebut, hebat kan? dari 2 jam yang disediakan, gua bisa mengerjakan HANYA dalam waktu 2,5 jam! sesaat setelah selesai, gua mulai melihat sekeliling, dan gua mulai tersenyum dan beranjak ketawa ketika teman gua ngerjain soal sambil makan. wuih, nikmat sekali rasanya. oke, bek tu topik, gua mesti ngasih 5 jari gua (bukan jempol, alias nonjok) untuk si pembuat soal. karena soal itu telah sukses, sekali lagi, TELAH SUKSES, menghancurkan otak2 ikan, oke gua becanda, telah sukses mengotak-hanguskan otak murid kelas 9. tindakan yang begitu biadab!

saat ini pun gua masih mikirin soal tadi ahaha, oke friend, disini dulu, lanjut kapan tau, gua mau ol yang lain, daaaah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar